Vroperty 728x90

Cara membersihkan Hordeng ruang tamu

Berikut ini Cara membersihkan Hordeng ruang tamu


Cara membersihkan Hordeng ruang tamu



Keindahan dan kenyamana sebuah ruangan, salah satunya di tentukan dengan keindahan warna dan kebersihan gorden yang terpasang. Gorden merupakan elemen pendukung keindahan sebuah ruang, yang diletakkan pada sebuah dinding yang biasanya untuk menutupi sebuah jendela.

Gorden yang telah terpasang, biasanya bisa berbulan-bulan  bahkan bisa bertahun - tahun tidak kita turunkan dan kita cuci, maka tak heran jika gorden kesayangan kita, lama kelamaan menjadi kusam dan berdebu tebal. Tentu hal ini bisa membuat kita pusing jika tidak tahu tips dan trik yang tepat untuk membersihkannya.

Berikut ini kami berikan cara terbaik dalam mengatasi membersihkan Hordeng ruang tamu yang kotor dan kusam, sehingga gorden kesayangan kita bisa kembali cling dan cemerlang, lansung aja kita simak. Cara membersihkan Hordeng ruang tamu

Hordeng ruang tamu mempunyai suatu peran yang sangat penting bagi rumah kita. Selain melindungi rumah dari panas dan juga debu, ternyata gorden juga dapat menambah kecantikan tampilan rumah anda. Tetapi, dalam hal kebersihan gorden kerap kali dilupakan sampai berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun-tahun lamanya. Dapat anda bayangkan bagaimana kotornya gorden apabila anda tidak rajin untuk mencucinya.
 
 
Agar rumah anda semakin nyaman, bersih, wangi, dan juga higenis, cucilah gorden anda paling tidak dalam sebulan sekali. Anda tidak perlu khawatir untuk cara membersihkannya karena berikut ini Shidik Gorden akan membagikan cara-cara yang sangat ampuh untuk mencuci gorden anda, agar dapat bersih bersinar seperti baru kembali.

  •  Pertama turunkanlah batang gorden yang terdapat di dinding dan juga lepaskan gorden jaring pada salah satu sisi di batang gorden.
  •  Kemudian tuangkan air hangat ke dalam ember yang sudah anda sediakan untuk dapat dipakai pada saat merendam. Anda sangat membutuhkan air yang relatif banyak supaya gorden jaring tersebut dapat terendam semuanya.
  • Jangan lupa untuk menambahkan 250 ml cuka di dalam ember tadi. Hal ini berguna untuk menciptakan rendaman cuka pada gorden jaring. Apabila bau pada cuka mengganggu anda, maka anda dapat menambahkan satu ataupun dua sendok makan perasan lemon untuk dapat menyegarkan bau cuka. Selain itu perasan lemon juga dapat membantu membersihkan gorden.
  •  Rendamlah gorden jaring tersebut selama kurang lebih satu jam atau bisa juga selama semalaman supaya terendam semuanya. Hal ini dapat menghilangkan debu serta kotoran dan juga dapat menghilangkan bau yang terdapat pada gorden.
  • Sebelum itu, buatlah pasta dengan memakai 4 sendok makan baking soda serta 62 ml air. Ambillah pasta ini dan letakkan pada gorden lalu gosokkan pada noda. Jika anda sudah membubuhkan soda kue di noda, campurkan sedikit saja cuka tetapi jangan dilarutkan pada noda.
  •  Apabila gordennya sudah bersih dari kotoran, debu, dan juga noda pada langkah-langkah yang tadi, sekarang waktunya anda dapat mencuci gordennya. Untuk sebagian besar gorden dapat anda cuci dengan menggunakan mesin cuci biasa dengan memakai siklus pencucian yang halus khususnya apabila gorden terbuat dari bahan katun maupun poliester. Tapi sebagian besar gorden jaring tersebut dapat terbuat dari bahan poliester.
  •  Lalu masukkan sabun cuci, untuk sabun cucinya anda dapat menggunakan apa saja tetapi yang harus anda perhatikan yakni sabun cuci yang anda pakai harus khusus untuk bahan gorden jaring agar dapat bekerja dengan lebih baik. Contohnya anda dapat memakai sabun cuci yang telah di desain untuk bahan-bahan yang kain halus ataupun yang merupakan bahan kain putih.
  •  Lalu masukkan gorden tersebut ke dalam mesin cuci. Apabila gorden yang anda punya sangat halus, Anda harus mencucinya dengan tangan serta gorden juga perlu anda masukkan ke dalam baskom yang sudah berisi dengan air dingin.
  •  Kemudian nyalakanlah mesin cuci dengan memakai air hangat ataupun dingin dengan menggunakan siklus pencucian yang halus. Masukkan juga sabun cuci dengan jumlah yang relatif normal ke dalam mesin cuci tersebut.
  • Jangan lupa untuk memasukkan pelembut pakaian pada saat pembilasan. Dan masukkan juga 2 sendok makan cuka pada saat pembilasan karena akan membuat gorden anda menjadi sangat lembut.
  • Yang harus sangat anda perhatikan yakni jangan pernah keringkan gorden pada saat proses tumble-dry, sebab dapat menyebabkan gorden menjadi menyusut. Jemurlah gorden anda di luar supaya kering sebelum anda pasang kembali pada jendela.


Perawatan Berkala Cara membersihkan Hordeng ruang tamu

Ilustrasi : Cara membersihkan Hordeng ruang tamu

Supaya warna pada gorden tidak cepat memudar serta kain juga tidak cepat rusak, alangkah baiknya pencucian gorden tidak anda lakukan terlalu sering. Lakukanlah pencucian 3 sampai 6 bulan sekali. tergantung kepada jenis kain serta ruangan yang anda tempati. Bagi perawatan yang berkala, anda bisa membersihkan gorden tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner. Dan penyedotan debu itu bisa anda lakukan 1 minggu sekali untuk dapat menghindari kotoran-kotoran yang menumpuk.
 
 

Cek Jenis Kain Gorden

Terdapat 2 jenis kain gorden yang sering sekali digunakan, yakni beludru dan juga chenille. Pada saat anda mencuci gorden yang jenis beludru, anda perlu berhati-hati, karena jangan sampai bulu-bulu beludru tersebut menjadi mudah rontok. Dan hindarilah memeras dengan memelintir kainnya.
Tetapi untuk gorden jenis chenille, gunakanlah sistem dry cleaning supaya kain tersebut tidak mudah menciut. Karena kain dengan jenis ini pada saat terkena air maka akan mengalami penyusutan.
 
 

Mencuci Vitrase

Pada warna putih vitrase dapat membuatnya cepat kotor, maka dari itu pencucian harus secara rutin anda lakukan. Ini bertujuan agar warna putih tidak mudah menjadi kusam serta berwarna kecokelatan.
Apabila vitrase memakai renda serta juga pola bordir, alangkah baiknya anda cuci dengan menggunakan tangan. Dan anda harus menghindari mencuci memakai sikat dan juga mesin cuci supaya serabut renda tidak cepat rusak.
 
 

 Cara Jemur

Dalam beberapa jenis kain gorden ada yang terdapat rentan pudarnya warna apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Untuk itu sebaiknya kain tersebut anda letakan di area jemur yang beratap. Supaya cahaya matahari dapat difilter.Dan jangan lupa untuk menghindari melipat kain gorden pada saat menjemur supaya tidak muncul lipatan pada saat gorden tersebut dipasang. Gantunglah gorden yang basah seperti pada posisi pemasangan gorden di jendela.

Pada saat mencuci, anda tidak boleh lupa untuk melepas ring besi pada kain gorden. Karena dengan anda melepas metal pada gorden maka akan dapat mengurangi potensi besi yang berkarat setelah dicuci.
 
Demikian tips Cara membersihkan Hordeng ruang tamu dengan mudah dan aman semoga menjadi inspirasi dalam hal pembersihan tirai rumah anda.Selamat mencoba !!

0 Komentar untuk "Cara membersihkan Hordeng ruang tamu"
Lapax Theme
Back To Top